Skip to main content

Digital Marketing vs Conventional Marketing

Di era sekarang ini, internet menjadi sebuah keharusan. Seperti pioneer Gojek yg mana sekarang menjadi pengusaha besar yang selalu menjadi panutan bagi para start up. Dengan adanya internet, perusahaan berlomba-lomba membuka layanan sosmed dan membuat fungsi jabatan baru dalam perusahaan seperti digital marketing.

Pertanyaannya disini, lalu apakah marketing konvensional lantas sudah tidak dibutuhkan lagi?

Hari ini saya mengikuti kelas kuliah bersama dosen saya Dr. Budi Hermawan, SE, MM, M.si. (beliau penulis dan peneliti search deh di google). Saya mengambil beberapa kesimpulan dari ilmu yang telah dibagikan dan kini saya akan mensharing ke rekan-rekan semua. Sebelum melanjutkan saya klarifikasi tulisan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan beliau, ini semua hanya kesimpulan saya semata jadi bila ada kesalahan dalam pemahaman, mohon dimaafkan, saya sedang belajar.

Banyak perusahaan yang memutuskan untuk membuka layanan digital marketing walau sebelumnya hanya membuka toko, contohnya mataharimall.com. Bila melirik contoh tersebut seolah-olah marketing konvensional dalam ambang pemusnahan.

Namun sesungguhnya di era sekarang inj marketing konvensional dan digital adalah seperti tubuh dengan pakaian. Keduanya sama penting dan tidak bisa dilepaskan ketika kita ingin keluar ruangan.

Mungkin kita selalu mendengar kisah sukses orang yang memulai bisnis digital dengan penghasilan miliyard-an per bulan. Namun sangat jarang mendengar kegagalan dalam usaha start up sehingga digital marketing seolah merupakan keharusan dalam kesuksesan sebuah usaha.

Saya adalah salah seorang yang pernah sukses dan gagal dalam start up, kesalahan karena tidak fokus dan kurangnya pengetahuan saya dalam hal marketing.

Bila ingin sukses, jalankan keduanya, marketing digital dan konvensional, sesuaikan juga dengan budget yang ada dan jenis barang yang ingin anda tawarkan.

Berikut tips-tips yang mungkin berguna untuk anda yang ingin membuka usaha:
1. Analisa produk yang ingin anda tawarkan. Apakah produk tersebut benar-benar membutuhkan digital? Contoh: anda hendak membuka industri garam, tentunya anda lebih membutuhkan marketing konvensional ketimbang marketing digital, lalu di era digital ini anda tetap dapat menggunakan digitalisasi untuk membuat website misalnya. Dalam kasus seperti ini marketing digital akan berfungsi mendukung dan meningkatkan kredibilitas.

2. Kenali pasar yang dituju.
Dalam menawarkan produk yang kita tawarkan tentu harus melihat pasar tujuan kita, apakah orang tersebut akan mencari barang atau jasa tersebut melalui digital sebagai hal utama atau alternatif. Contoh barang custom seperti misalnya baju aneka size sesuai pesanan, tentunya lebih tepat membuat marketing digital sebagai pola utama dan konvensional sebagai alternatif dukungan.

3. Perbanyak koneksi dan kenalan anda.
Tidak dapat dipungkiri bahwa kenalan dan koneksi merupakan salah satu keharusan dalam membuka usaha, anda tak bisa hanya memiliki kemampuan luar biasa, namun salah satu kunci utama ini menjadi keharusan dalam perbisnisan.

4. Pikirkan kalimat yang betul-betul menggambarkan keunggulan produk anda.
Hal ini bisa membantu anda membuat logo, slogan dan iklan. Gunakan kalimat yang anda pilih untuk mengembangkan usaha anda. Fokus dan tetap kreatif adalah kuncinya.

5. Perlu diingat "Roma tidak dibangun dalam semalam".
Usaha anda tentunya merupakan usaha masi dalam tahap perkembangan, anda bisa saja langsung sukses di awal atau bisa juga anda mengalami gejolak. Jangan menyerah dan terus berinovasi.

Sekian pembahasan kali ini, semoga berguna bagi kita semua. Saya akan terus mensharing ilmu yang saya dapat dan bila perlu akan saya lampirkan kutipan dari para peneliti sehingga tulisan ini menjadi lebih kredibel.


Comments

Popular posts from this blog

Review dan Pengalaman Service di Bengkel Resmi Nissan Datsun Pantai Indah Kapuk

Dear all readers, Bengkel resmi tentunya membuat kita rela merogoh kocek lebih dalam dengan harapan mendapatkan pelayanan dan hasil yang baik, namun berikut ini pengalaman kurang baik menimpa saya. Saya telah melakukan service rutin pada bulan lalu. Awalnya tujuan saya hanya ganti oli karena mobil saya tidak ada masalah apapun.  Kilometer mobil saya pada saat datang adalah sekitar 17rb an. Namun Service Advisor (SA) menyarankan untuk sekaligus melakukan service 20rb KM. Dengan pemikiran dan kepercayaan terhadap bengkel resmi. Saya kemudian mengikuti saran dari SA, SA kemudian mencantumkan berbagai pergantian dan membebani biaya sekitar 2.4 jt. Foto pembayaran service Sehari setelah service saya mendengar ada suara halus seperti hembusan angin dari AC saya. Namun awalnya saya pikir karena baru selesai service jadi AC berhembus lebih kuat (karena seingat saya ada pergantian filter AC). Karena saya jarang menggunakan kendaraan, beberapa hari berikutn...

My Portfolio

Mohon gunakan hanya untuk inspirasi dan informasi bukan untuk di copas. Bila tertarik hubungi saya untuk negosiasi. Terima kasih. Presentasi Video Presentasi produk Video Presentasi Sekolah Video Lainnya Pembuatan Karakter Kartun Instagram Pribadi (@linda.then) Achievement Back drop e.g Catalogue e.g Product Photo S hoot e.g Pembuatan Logo Sewot Coffee Sosmed design e.g Sosmed caption e.g. Text campaign copywriter sosmed: Grey Life: "I don't want to be black or white, i just want to be grey. coz when your turn into black, people will hate you, and if you turn into white, you will look fool. But when you turn into grey, nobody can guess who you are and what you are" . . . #life#lindathencaption#lifecaption#quotes#portfolio Life up and down: "It's better for you to feel down when you try to go up than...

Pengalaman Cabut Gigi di dokter Herman Mutiara Palem

Saya memiliki  gigi berjejal karena rahang yang kecil. Sy sudah menderita sakit gigi selama 2 tahun terakhir karena menunda-nunda mencabut gigi karena takut. Hari ini sy memutuskan untuk mencabut gigi setelah 2 hari lalu sakit luar biasa. Hari ini sudah tidak sakit sy hanya merasa gatal di gusi. Karena saya tidak bisa ijin, kemudian saya terlambat untuk perjalanan ke dokter, lalu dokter pun menunggu meskipun sy telat 20 menit dari jam perjanjian. Sesampainya saya tunggu sebentar lalu diminta untuk berkumur dengan betadine selama 30 detik. Selesai kumur gigi sy diperiksa, diketok, dipencet disuru mengunyah kapas (untuk tes pakah gigi layak cabut). Karena memungkinkan untuk langsung dicabut dokter langsung inisiatif cabut. Dites tensi darah dulu. Lalu dibius. Sakit sedikit. Dan dijelaskan bedanya sakit dengan proses. Lalu dicabut lah. Tdk Terasa sakit sama sekali hanya seperti digoyang2. Dokter menyelipkan spon  bahan yang dimasukkan ke dalam luka bekas pencabutan adalah Spongos...